Kamis, 04 Agustus 2016

Hasil Olimpiade 2016: Korsel Lumat Fiji 8-0, Jepang Hebat Vs Nigeria


PT. Bestprofit FuturesDua wakil Asia, Korea Selatan dan Jepang, tampil luar biasa dalam pertandingan pertama mereka di cabang sepak bola putra Olimpiade 2016 di Brasil pada Jumat pagi WIB (5/8/2016), meskipun pada akhirnya mendulang hasil berbeda.

Dalam laga Grup C di Stadion Arena Fonte Nova di Salvador, Bahia, skuat Negeri Ginseng Korsel melumat habis wakil Oseania, Fiji, dengan skor 8-0. Korsel tampil sungguh hebat dengan mencetak tujuh gol pada babak kedua setelah skor ketika jeda baru 1-0.

Ryu Seung-Woo membuat hattrick. Dia menjebol gawang Fiji yang dikawal kiper Simione Tamanisau pada menit ke-32, 63, dan injury time babak kedua.

Kwon Chang-Hoon dan Suk Hyun-Jun masing-masing mencetak dua gol. Kwon mengontribusi dua golnya pada menit 62 dan 63, hanya berjarak semenit dengan golnya sendiri dan hanya berjarak hitungan detik dengan gol ketiga yang dicetak Ryu.

Dengan demikian, Korsel mencetak tiga gol hanya dalam 2 menit. Adapun Suk menyumbang gol pada menit 77 dan 90. Satu gol lainnya untuk tim asuhan Shin Tae-Yong dihasilkan dari titik penalti lewat eksekusi Son Heung-Min pada menit ke-72.

Sebenarnya Korsel bisa menambah setidaknya satu gol lagi. Sekitar 6 menit menjelang turun minum, Korsel mendapat hadiah penalti, namun eksekusi Moon Chang-Jin gagal.

Dengan hasil ini, maka Korsel memimpin klasemen sementara Grup C dengan nilai 3 karena Jerman dan Meksiko beberapa jam sebelumnya di tempat yang sama bermain imbang 2-2 sehingga masing-masing mendapat satu angka.

Sementara itu di Stadion Arena de Amazonia di Manaus, Amazona, Jepang juga tampil luar biasa walaupun akhirnya harus menyerah 4-5 dari wakil Afrika, Nigeria, dalam pertandingan Grup B.

Nigeria harus berterima kasih kepada Oghenekaro Etebo, yang mencetak empat gol alias quattrick dalam laga tersebut.

Baru 6 menit pertandingan berjalan, Nigeria membuka skor lewat Sadiq Umar, namun Jepang segera dapat membalas lewat penalti Shinzo Koroki hanya berselang 3 menit kemudian.

Nigeria langsung membalas lagi semenit kemudian melalui Etebo, namun Jepang pun lagi-lagi langsung membalas menjadi 2-2 semenit berikutnya melalui Takumi Minamino, sehingga terjadi empat gol hanya dalam rentang waktu 5 menit.

Bagaimana pun, Nigeria menunjukkan lawan kuat bagi Jepang. Skor saat turun minum 3-2 setelah pada menit ke-42 Etebo kembali menjebol gawang Jepang yang dikawal kiper Masatoshi Kushibiki.

Memasuki 45 menit babak kedua, Etebo terus menunjukkan ‘kegilaan’ dengan menambah dua gol lagi yaitu pada menit 51 dari titik penalti dan pada menit 66 sehingga Jepang sempat tertinggal 2-5.

Langkah pelatih Jepang Makoto Teguramori memasukkan Takuma Asano dan Musashi Suzuki terbukti tepat. Keduanya mencetak gol untuk memperkecil ketinggalan pada menit ke-70 dan saat injury time babak kedua sehingga Nigeria hanya bisa menang tipis 5-4.

Kemenangan itu membuat Nigeria memimpin klasemen sementara Grup B karena beberapa jam sebelumnya di tempat yang sama, dua kontestan lainnya, Swedia dan Kolombia bermain seri 2-2.

Gol-gol Kolombia dihasilkan Teofilo Gutierrez (17’) dan penalti Dorlan Pabon (75’), sedangkan dua gol Swedia disumbang Mikail Ishak (43’) dan Astrit Ajdarevic (62’). Dengan demikian, Nigeria teratas dengan nilai 3, Kolombia dan Swedia masing-masing 1, serta Jepang belum mendapat angka.

Cabang sepak bola dimulai lebih cepat dari pembukaan Olimpiade yang baru digelar pada Sabtu pagi WIB (6/8/2016). Sebanyak 16 tim mengikuti cabang sepak bola putra Olimpiade 2016. Setiap tim terdiri dari pemain U-23 dengan diizinkan maksimal tiga tambahan pemain dengan usia lebih dari 23 tahun.
 ( id, Bestprofit )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar